U-4701, kapal selam tipe XXIII yang pertama kali dibuat oleh galangan kapal Germania di Kiel, mulai “mencicipi” lautan pertama kali tanggal 10 Januari 1945. Kapal satu ini menyediakan contoh yang bagus mengenai masalah kecepatan yang menjadi beban para “pemangku harapan” bagi satuan U-boat tersebut di fase-fase akhir peperangan. Pengerjaannya mulai dilakukan tanggal 19 Oktober 1944 dan selesai tanggal 14 Desember. Kurang dari empat minggu setelahnya, tanggal 10 Januari 1945, kapal tersebut sudah mulai dipersiapkan untuk berlayar di bawah komando Oberleutnant zur See Arnold Wiechmann (Kru X/39). Pelatihan para awaknya dimulai di pangkalan 5. Unterseebootsflotille di Kiel. Sayangnya, pelatihan ini masih belum selesai saat peperangan di Eropa keburu berakhir. Akibatnya, beberapa saat sebelum menyerah, kapal yang dibuat dengan susah payah ini ditenggelamkan oleh awaknya sendiri di lepas pantai Höruphaff (Horuphav), Denmark, demi mencegahnya jatuh ke tangan musuh! Foto di atas, yang diambil saat panji komandan serta bendera perang Reich sedang dikibarkan, jelas memperlihatkan pola rivet lapisan kulit baja menara pengawasnya serta fairing lampu posisi yang lekuknya disesuaikan dengan bodi kapal. Dari semua peralatan di bagian belakang menara pengawas yang dapat ditarik masuk, hanya peilring (DF loop) yang kelihatan. Snorkelnya kemungkinan ditarik masuk demi alasan keamanan. Hanya satu dari dua tiang antena (ASTA-Hand) yang bisa dipanjangkan secara manual yang terlihat nongkrong di dudukannya. Antena tersebut mempunyai panjang 1,8m dengan bagian bawah yang dilapisi karet. Dudukan bagian kirinya tampak kosong. UAK-Kennung (Kode UAK) terdapat di bagian lempengan kecil berbentuk horizontal, dan merupakan cirri pengenal dari ke-47 kapal selam Jerman dari tipe ini
Sumber :
Majalah "U-Boot im Focus" no.2 tahun 2007
Tidak ada komentar:
Posting Komentar