Oleh : Alif Rafik Khan
Nama lengkap: Werner Baumbach
Panggilan/julukan: Werner
Lahir: 27 Desember 1916 di Cloppenburg/Niedersachsen (Jerman)
Meninggal: 20 Oktober 1953 di Rio de la Plata/Buenos Aires (Argentina)
Nomor keanggotaan NSDAP: Tidak ada
Nomor keanggotaan SS: Tidak ada
Gelar akademis: Tidak ada
Anggota keluarga: Tidak diketahui
Ciri fisik: Rambut pirang dan mata biru
Beförderungen (Promosi):
06.04.1936 Fahnenjunker
01.01.1938 Leutnant
01.06.1940 Oberleutnant
00.07.1941 Hauptmann
14.10.1942 Major
01.11.1944 Oberstleutnant
05.01.1945 Oberst
Nama lengkap: Werner Baumbach
Panggilan/julukan: Werner
Lahir: 27 Desember 1916 di Cloppenburg/Niedersachsen (Jerman)
Meninggal: 20 Oktober 1953 di Rio de la Plata/Buenos Aires (Argentina)
Nomor keanggotaan NSDAP: Tidak ada
Nomor keanggotaan SS: Tidak ada
Gelar akademis: Tidak ada
Anggota keluarga: Tidak diketahui
Ciri fisik: Rambut pirang dan mata biru
Beförderungen (Promosi):
06.04.1936 Fahnenjunker
01.01.1938 Leutnant
01.06.1940 Oberleutnant
00.07.1941 Hauptmann
14.10.1942 Major
01.11.1944 Oberstleutnant
05.01.1945 Oberst
Karriere (Karir):
06.04.1936 - 00.00.1938 Bergabung dengan Luftwaffe dan menjalani pendidikan di Luftkriegschule Berlin-Gatow sebagai Fahnenjunker
00.00.1938 - 15.06.1939 Kettenführer di Erprobungsstelle der Luftwaffe di Rechlin, juga membantu pembentukan unit pembom udara yang nantinya menjadi Kampfgeschwader 30
15.06.1939 - 00.09.1939 Ditransfer ke II.(K)/LG 1
00.09.1939 - 01.01.1940 Flugzeugführer di 6./LG 1
01.01.1940 - 00.06.1940 Ditransfer ke 5./KG 30 sebagai Flugzeugführer
00.06.1940 - 00.09.1940 Ditunjuk sebagai kurir sebuah misi ke Tokyo, terbang dari Berlin melalui Moskow
00.10.1940 - 19.06.1941 Bergabung kembali dengan II./KG 30 di Gilze-Rijen (Belanda)
19.06.1941 - 20.07.1941 Staffelkapitän 5./KG 30
20.07.1941 - 00.04.1942 Gruppenkommandeur I./KG 30
20.07.1942 - 00.12.1942 Gruppenkommandeur III./KG 30
00.02.1943 - 18.05.1943 Sonderbeauftragter für ferngelenkte Körper/RLM
18.05.1943 - 15.11.1944 Inspizient der Kampfflieger (General der Kampfflieger 2)
15.11.1944 - 06.03.1945 Geschwaderkommodore KG 200
06.03.1945 - 19.04.1945 Fliegerführer 200
20.04.1945 - 30.04.1945 Staffelkapitän Regierungsstaffel
30.04.1945 - 00.12.1945 Menyerah pada Inggris di Eutin, utara Lübeck, dan ditawan
00.12.1945 - 00.00.1948 Menjalani masa penahanan di Daratan Inggris
00.00.1948 - 20.10.1953 Berimigrasi ke Argentina dan kemudian meninggal disana dalam sebuah kecelakaan terbang saat mengujicoba pesawat pembom Lancaster
00.06.1940 - 00.09.1940 Ditunjuk sebagai kurir sebuah misi ke Tokyo, terbang dari Berlin melalui Moskow
00.10.1940 - 19.06.1941 Bergabung kembali dengan II./KG 30 di Gilze-Rijen (Belanda)
19.06.1941 - 20.07.1941 Staffelkapitän 5./KG 30
20.07.1941 - 00.04.1942 Gruppenkommandeur I./KG 30
20.07.1942 - 00.12.1942 Gruppenkommandeur III./KG 30
00.02.1943 - 18.05.1943 Sonderbeauftragter für ferngelenkte Körper/RLM
18.05.1943 - 15.11.1944 Inspizient der Kampfflieger (General der Kampfflieger 2)
15.11.1944 - 06.03.1945 Geschwaderkommodore KG 200
06.03.1945 - 19.04.1945 Fliegerführer 200
20.04.1945 - 30.04.1945 Staffelkapitän Regierungsstaffel
30.04.1945 - 00.12.1945 Menyerah pada Inggris di Eutin, utara Lübeck, dan ditawan
00.12.1945 - 00.00.1948 Menjalani masa penahanan di Daratan Inggris
00.00.1948 - 20.10.1953 Berimigrasi ke Argentina dan kemudian meninggal disana dalam sebuah kecelakaan terbang saat mengujicoba pesawat pembom Lancaster
Orden und Ehrenzeichen (Medali dan Penghargaan):
28.09.1939 Eisernes Kreuz II.Klasse
00.00.194_ Narvikschild
03.05.1940 Eisernes Kreuz I.Klasse, setelah membom dan merusakkan kapal penjelajah ringan Prancis "Émile Bertin" tanggal 19 April 1940
08.05.1940 Ritterkreuz des Eisernen Kreuzes #14, sebagai Leutnant dan Flugzeugführer di 5.Staffel / II.Gruppe / Kampfgeschwader 30 (KG 30) / X.Fliegerkorps / Luftflotte 5 (setelah dianggap menenggelamkan kapal penjelajah ringan Prancis "Émile Bertin" tanggal 19 April 1940)
00.00.1940 Bild des Reichsmarschalls im Silberrahmen
14.02.1941 Disebutkan namanya dalam Wehrmachtbericht: "Bei dem erfolgreichen Angriff im Seegebiet ostwärts Harwich zeichnete sich die Besatzung des Kampfflugzeuges Kommandant und Flugzeugführer Oberleutnant Baumbach, Bombenschütze Unteroffizier Menz, Funker Feldwebel Thieß und Bordschütze Unteroffizier Greifmühlen besonders aus" (dalam serangan yang sukses di perairan timur Harwich, awak pilot pesawat dan komandan tempur Letnan Satu Baumbach, Bombardier Kopral Menz, Operator Radio Sersan Thiess dan penembak senapan mesin Kopral Greifmühlen telah menunjukkan prestasi mereka)
28.02.1941 Disebutkan namanya dalam Wehrmachtbericht: "Die Besatzung eines Kampfflugzeuges, Oberleutnant Baumbach, Feldwebel Erkens und Unteroffizier Stahl, vernichteten bis zum 27, Februar insgesamt 240 000 Tonnen feindlichen Schiffraums" (awak pesawat tempur Letnan Satu Baumbach, Sersan Erkens dan Kopral Stahl berhasil menghancurkan total 240.000 tonase kapal musuh sampai dengan tanggal 27 Februari)
22.03.1941 Frontflugspange für Kampfflieger in Silber
00.00.194_ Goldenes HJ-Abzeichen
22.04.1941 Luftwaffe Ehrenpokale für Besondere Leistungen im Luftkrieg
14.07.1941 Gemeinsames Flugzeugführer- und Beobachterabzeichen mit Brillanten
14.07.1941 Ritterkreuz des Eisernen Kreuzes mit Eichenlaub #20, sebagai Oberleutnant dan Staffelkapitän 5.Staffel / II.Gruppe / Kampfgeschwader 30 (KG 30) / IX.Fliegerkorps / Luftflotte 3 (setelah berhasil menenggelamkan total 240.0000 GRT kapal musuh)
17.08.1942 Ritterkreuz des Eisernen Kreuzes mit Eichenlaub und Schwertern #16, sebagai Hauptmann dan Gruppenkommandeur I.Gruppe / Kampfgeschwader 30 (KG 30) / Fliegerführer Nord (Ost) / Luftflotte 5 (setelah berhasil menenggelamkan total 300.0000 GRT kapal musuh)
00.00.1942 Frontflugspange für Kampfflieger in Gold
00.00.194_ Frontflugspange für Kampfflieger in Gold mit Anhänger "Einsatzzahl 200"
Werner Baumbach merupakan pilot pembom terkenal Luftwaffe yang menjadi komandan sebuah wing bomber rahasia bernama Kampfgeschwader 200 (KG 200). Dia dianugerahi Knight's Cross of the Iron Cross with Oak Leaves and Swords (Ritterkreuz des Eisernen Kreuzes mit Eichenlaub und Schwertern) setelah prestasinya yang bujubuneng dengan menghancurkan kapal sekutu dengan total tonase 300.000 GRT (Gross Register Tons)! Amit-amit...
Dia nongol ke dunia tanggal 27 Desember 1916 di Cloppenburg. Baumbach lalu masuk Luftwaffe tahun 1936 dan langsung mendapat pelatihan sebagai pilot pembom. Dia adalah salah satu dari pilot pertama yang menerbangkan pesawat bomber Junkers Ju 88, dan melakukan banyak misi pengeboman bersama dengan Kampfgeschwader 30 (KG 30). Tanggal 19 April 1940 dia berhasil membom sekaligus merusakkan kapal penjelajah Prancis Émile Bertin. Atas perbuatannya tersebut dia diganjar dengan Iron Cross 1st Class. Pada tahun 1942, Baumbach dipindahkan dari tugas pilot aktif dan mulai membantu pengerjaan desain pesawat pembom terbaru Luftwaffe; di antara semuanya, dia berperan menciptakan sistem komposit bomber yang dinamakan dengan Mistel. Pada tahun 1944, dia ditunjuk menjadi komandan KG 200 yang baru didirikan, dan menangani semua misi khusus Luftwaffe. Baumbach dipromosikan juga menjadi Oberstleutnant (Letkol) tanggal 15 November 1944 dan ditugasi untuk menjalankan tugas-tugas sebagai General der Kampflieger (komandan pasukan pembom).
Setelah perang usai, Baumbach menghabiskan waktu tiga tahun sebagai tawanan perang Sekutu sebelum pindah ke Argentina dimana dia bekerja sebagai pilot penguji untuk diktator Juan Peron. Dia tewas secara tragis di La Plata (Argentina) dalam kecelakaan pesawat yang terjadi tanggal 20 Oktober 1953 ketika sedang mengevaluasi kemampuan PAT 1 (Proyectil Aéreo Teledirigido), tiruan dari glider bomber Jerman Henschel 293 yang dikendalikan oleh radio kontrol (versi lainnya menyebutkan bahwa pesawat naas tersebut adalah pembom Lancaster buatan Inggris). Turut tewas bersamanya adalah Karl Heinrich dan Iván Viola. Jenazahnya sempat dimakamkan di pemakaman Jerman di Buenos Aires sebelum diterbangkan pulang kembali ke Jerman untuk dimakamkan di kota kelahirannya, Cloppenburg.
Sebelum meninggal, Baumbach telah mengeluarkan buku memoarnya yang berjudul "Zu spät: Aufstieg und Untergang der deutschen Luftwaffe" (versi Inggrisnya berjudul: "Broken Swastika"). Buku tersebut mengungkap secara jelas keyakinan Baumbach yang tetap teguh mendukung Nasional-Sosialisme, bahkan setelah kekalahan Jerman dalam Perang Dunia II. Fakta tak terbantahkan bahwa dalam bukunya Baumbach sama sekali tidak menyebut-nyebut seucritpun tentang masa tugasnya sebagai komandan KG 200 semakin menambah misteriusnya unit yang memang tidak terpublikasikan secara luas ini, dan juga kerahasiaan program misi-misi khusus Jerman yang diemban oleh tokoh kita!
Dalam karirnya, Baumbach tercatat menenggelamkan tidak kurang dari 300.000 GRT kapal Sekutu dalam 200+ misi tempur. Terdapat perbedaan pendapat di kalangan para peneliti mengenai periode tahun 1941-1942 yang dijalani oleh Baumbach.
Dia nongol ke dunia tanggal 27 Desember 1916 di Cloppenburg. Baumbach lalu masuk Luftwaffe tahun 1936 dan langsung mendapat pelatihan sebagai pilot pembom. Dia adalah salah satu dari pilot pertama yang menerbangkan pesawat bomber Junkers Ju 88, dan melakukan banyak misi pengeboman bersama dengan Kampfgeschwader 30 (KG 30). Tanggal 19 April 1940 dia berhasil membom sekaligus merusakkan kapal penjelajah Prancis Émile Bertin. Atas perbuatannya tersebut dia diganjar dengan Iron Cross 1st Class. Pada tahun 1942, Baumbach dipindahkan dari tugas pilot aktif dan mulai membantu pengerjaan desain pesawat pembom terbaru Luftwaffe; di antara semuanya, dia berperan menciptakan sistem komposit bomber yang dinamakan dengan Mistel. Pada tahun 1944, dia ditunjuk menjadi komandan KG 200 yang baru didirikan, dan menangani semua misi khusus Luftwaffe. Baumbach dipromosikan juga menjadi Oberstleutnant (Letkol) tanggal 15 November 1944 dan ditugasi untuk menjalankan tugas-tugas sebagai General der Kampflieger (komandan pasukan pembom).
Setelah perang usai, Baumbach menghabiskan waktu tiga tahun sebagai tawanan perang Sekutu sebelum pindah ke Argentina dimana dia bekerja sebagai pilot penguji untuk diktator Juan Peron. Dia tewas secara tragis di La Plata (Argentina) dalam kecelakaan pesawat yang terjadi tanggal 20 Oktober 1953 ketika sedang mengevaluasi kemampuan PAT 1 (Proyectil Aéreo Teledirigido), tiruan dari glider bomber Jerman Henschel 293 yang dikendalikan oleh radio kontrol (versi lainnya menyebutkan bahwa pesawat naas tersebut adalah pembom Lancaster buatan Inggris). Turut tewas bersamanya adalah Karl Heinrich dan Iván Viola. Jenazahnya sempat dimakamkan di pemakaman Jerman di Buenos Aires sebelum diterbangkan pulang kembali ke Jerman untuk dimakamkan di kota kelahirannya, Cloppenburg.
Sebelum meninggal, Baumbach telah mengeluarkan buku memoarnya yang berjudul "Zu spät: Aufstieg und Untergang der deutschen Luftwaffe" (versi Inggrisnya berjudul: "Broken Swastika"). Buku tersebut mengungkap secara jelas keyakinan Baumbach yang tetap teguh mendukung Nasional-Sosialisme, bahkan setelah kekalahan Jerman dalam Perang Dunia II. Fakta tak terbantahkan bahwa dalam bukunya Baumbach sama sekali tidak menyebut-nyebut seucritpun tentang masa tugasnya sebagai komandan KG 200 semakin menambah misteriusnya unit yang memang tidak terpublikasikan secara luas ini, dan juga kerahasiaan program misi-misi khusus Jerman yang diemban oleh tokoh kita!
Dalam karirnya, Baumbach tercatat menenggelamkan tidak kurang dari 300.000 GRT kapal Sekutu dalam 200+ misi tempur. Terdapat perbedaan pendapat di kalangan para peneliti mengenai periode tahun 1941-1942 yang dijalani oleh Baumbach.
Sumber :
Buku "Luftwaffe Officer Career Summaries: Section A-F" karya Henry L. deZeng IV dan Douglas G. Stankey
www.adolphgallandinargentina.blogspot.comwww.audiovis.nac.gov.pl
www.aircrewremembered.com
www.das-ritterkreuz.de
www.de.wikipedia.org
www.elultimolibro.net
www.en.wikipedia.org
www.finearts-autographs.com
www.forosegundaguerra.com
www.forum.axishistory.com
www.portal.dnb.de
www.rommel-lebt.com
www.scherzers-militaer-nachrichten.de
www.wehrmacht-history.com
www.ww2awards.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar