leichter geländegängiger Personenkraftwagen (Kfz.1) mit Einheitsfahrgestell I für l. Pkw.
leichter geländegängiger Personenkraftwagen (Kfz.1) dikeluarkan oleh BMW, Hanomag dan Stoewer. Sekitar 17.800 kendaraan penumpang cross-country ringan ini diproduksi dari tahun 1936 sampai dengan 1943. Cirinya terletak pada bodi belakang yang lurus vertikal serta letak ban cadangan yang berada di luar (di bagian belakang seperti yang biasa terdapat di jip). Pintunya berjumlah empat buah, yang membedakannya dari penerusnya, Kfz.2
Funkkraftwagen (Kfz. 2) mit Einheitsfahrgestell I für l. Pkw.
Secara umum, Kfz.2 mempunyai bagian belakang yang melengkung dan hanya mempunyai tiga pintu (dengan satu pintu berada di kiri, perspektif depan). Ban cadangannya disimpan di kotak penyimpanan khusus di belakang. Terdapat tiga varian dari Kfz.2: Nachrichtenkraftwagen Kfz.2 (kendaraan sandi), Funkkraftwagen Kfz.2 (kendaraan radio), dan kleine Instandsetzungskraftwagen Kfz.2/40 (kendaraan servis darurat/perbaikan kecil). Funkkraftwagen sendiri adalah kendaraan radio yang dilengkapi dengan sebuah Tornisterfunkgerät b 1 atau f. Radio dan baterainya jelas terlihat disini. Dia mudah dikenali dari dudukan antena yang terpasang di kiri-kanan bagian belakang mobil
Nachrichtenkraftwagen (Kfz. 2) mit Einheitsfahrgestell I für l. Pkw.
Biasanya mobil Kfz.2 dari jenis Nachrichtenkraftwagen (kendaraan sandi) didasarkan dari l. gl. Pkw. dimana dudukan untuk zweiteilige Drahtgabel (garpu kabel dua bagian) terdapat di bagian kanan bodi mobil sementara rak untuk drum kabelnya berada pada kotak peralatan di belakang. Versi ini hanya mempunyai satu pintu di salah satu bagian dan dua pintu di bagian lainnya. Bagian belakangnya juga sedikit melengkung tidak seperti pada versi Kfz.1
kleiner Instandsetzungskraftwagen (Kfz. 2/40) mit Einheitsfahrgestell I für l. Pkw.
Sayangnya, tidak ada foto identifikasi yang bisa memperlihatkan dengan jelas mobil Kfz.2/40 kleine Instandsetzungskraftwagen (kendaraan perbaikan kecil) yang didasarkan atas le. gl. Pkw. Kfz. 2/40 dilengkapi dengan perlengkapan yang bisa dilipat di boks peralatan bagian belakang. Ban cadangannya disimpan di bawah boks, sementara peralatan mengelas bersama dengan selangnya disimpan di boks peralatan yang berada di dalam mobil. Jerigen cadangan disimpan di boks peralatan belakang. Mobil Kfz. 2/40 sendiri secara resmi diperkenalkan pada bulan Maret 1940
leichter Messtruppkraftwagen (Kfz.3) mit Einheitsfahrgestell I für l. Pkw.
Mobil survey ringan l. Meßtr. Kw. (Kfz. 3) dibuat berdasarkan sasis I Einheitsfahrgestell I für l. Pkw. standar untuk angkutan penumpang ringan serta sasis I Einheitsfahrgestell I für l. Pkw. Typ 40 standar untuk angkutan penumpang ringan tipe 40 (hampir tak bisa dibedakan dari yang versi Kfz.1!). Semua kelengkapan survey disimpan di dalam kendaraan sehingga tidak dibutuhkan boks atau dudukan tambahan di luarnya
Truppenluftschutzkraftwagen (Kfz. 4) mit Einheitsfahrgestell I für l. Pkw.
Kendaraan anti pesawat udara Truppenluftschutzkraftwagen (Kfz. 4) dilengkapi dengan empat pintu dan ban cadangan di bagian belakang bodi seperti halnya Kfz.1 dan 3. Fitur paling utama dari Kfz.4 adalah ditambahkannya senjata Flak (anti pesawat) Zwillingslafette 36 untuk dua buah MG 34 yang bisa diputar sampai 360°. Kfz.4 secara resmi diperkenalkan pada akhir bulan Februari 1938, dan setiap unit Wehrmacht hanya diperbolehkan mempunyai satu kendaraan jenis ini. Sebuah tripod 34 ringan ikut disediakan di bagian belakang sehingga senapan mesinnya bisa dicopot dari mobil dan digunakan untuk keperluan anti infanteri
Funkkraftwagen (Kfz. 2) mit Einheitsfahrgestell I für l. Pkw.
Secara umum, Kfz.2 mempunyai bagian belakang yang melengkung dan hanya mempunyai tiga pintu (dengan satu pintu berada di kiri, perspektif depan). Ban cadangannya disimpan di kotak penyimpanan khusus di belakang. Terdapat tiga varian dari Kfz.2: Nachrichtenkraftwagen Kfz.2 (kendaraan sandi), Funkkraftwagen Kfz.2 (kendaraan radio), dan kleine Instandsetzungskraftwagen Kfz.2/40 (kendaraan servis darurat/perbaikan kecil). Funkkraftwagen sendiri adalah kendaraan radio yang dilengkapi dengan sebuah Tornisterfunkgerät b 1 atau f. Radio dan baterainya jelas terlihat disini. Dia mudah dikenali dari dudukan antena yang terpasang di kiri-kanan bagian belakang mobil
Nachrichtenkraftwagen (Kfz. 2) mit Einheitsfahrgestell I für l. Pkw.
Biasanya mobil Kfz.2 dari jenis Nachrichtenkraftwagen (kendaraan sandi) didasarkan dari l. gl. Pkw. dimana dudukan untuk zweiteilige Drahtgabel (garpu kabel dua bagian) terdapat di bagian kanan bodi mobil sementara rak untuk drum kabelnya berada pada kotak peralatan di belakang. Versi ini hanya mempunyai satu pintu di salah satu bagian dan dua pintu di bagian lainnya. Bagian belakangnya juga sedikit melengkung tidak seperti pada versi Kfz.1
kleiner Instandsetzungskraftwagen (Kfz. 2/40) mit Einheitsfahrgestell I für l. Pkw.
Sayangnya, tidak ada foto identifikasi yang bisa memperlihatkan dengan jelas mobil Kfz.2/40 kleine Instandsetzungskraftwagen (kendaraan perbaikan kecil) yang didasarkan atas le. gl. Pkw. Kfz. 2/40 dilengkapi dengan perlengkapan yang bisa dilipat di boks peralatan bagian belakang. Ban cadangannya disimpan di bawah boks, sementara peralatan mengelas bersama dengan selangnya disimpan di boks peralatan yang berada di dalam mobil. Jerigen cadangan disimpan di boks peralatan belakang. Mobil Kfz. 2/40 sendiri secara resmi diperkenalkan pada bulan Maret 1940
leichter Messtruppkraftwagen (Kfz.3) mit Einheitsfahrgestell I für l. Pkw.
Mobil survey ringan l. Meßtr. Kw. (Kfz. 3) dibuat berdasarkan sasis I Einheitsfahrgestell I für l. Pkw. standar untuk angkutan penumpang ringan serta sasis I Einheitsfahrgestell I für l. Pkw. Typ 40 standar untuk angkutan penumpang ringan tipe 40 (hampir tak bisa dibedakan dari yang versi Kfz.1!). Semua kelengkapan survey disimpan di dalam kendaraan sehingga tidak dibutuhkan boks atau dudukan tambahan di luarnya
Truppenluftschutzkraftwagen (Kfz. 4) mit Einheitsfahrgestell I für l. Pkw.
Kendaraan anti pesawat udara Truppenluftschutzkraftwagen (Kfz. 4) dilengkapi dengan empat pintu dan ban cadangan di bagian belakang bodi seperti halnya Kfz.1 dan 3. Fitur paling utama dari Kfz.4 adalah ditambahkannya senjata Flak (anti pesawat) Zwillingslafette 36 untuk dua buah MG 34 yang bisa diputar sampai 360°. Kfz.4 secara resmi diperkenalkan pada akhir bulan Februari 1938, dan setiap unit Wehrmacht hanya diperbolehkan mempunyai satu kendaraan jenis ini. Sebuah tripod 34 ringan ikut disediakan di bagian belakang sehingga senapan mesinnya bisa dicopot dari mobil dan digunakan untuk keperluan anti infanteri
Sumber :
Foto koleksi pribadi Henry Hoppe
Foto koleksi pribadi Holger Erdmann
www.jedsite.info
www.kfzderwehermacht.de
www.svsm.org
Tidak ada komentar:
Posting Komentar