Selasa, 07 April 2009

Profil Pesawat Nazi Jerman

FOCKE-WULF FW 190

 Focke-Wulf Fw 190 A-7 "Gelbe 12" yang diterbangkan oleh Major Heinz Bär (Staffelkapitän 6.Staffel / Jagdgeschwader 1) tanggal 21 Februari 1944. Di hari itu dia menembak jatuh tiga buah pesawat USAAF (sebuah Boeing B-17 "Flying Fortress" dan dua buah North American P-51 "Mustang"). Bär nantinya akan menembak jatuh tujuh P-51 lainnya, termasuk empat yang menjadi korban Messerschmitt Me 262 yang dipilotinya. Skor ini terbilang sedikit dibandingkan dengan total 220 pesawat yang telah ditembak jatuhnya. Penyebabnya seperti yang diutarakan oleh Bär sendiri: "P-51 mungkin adalah pesawat tersulit yang kuhadapi dari seluruh pesawat Sekutu. Mustang mempunyai kecepatan, manuver, serta sulit diidentifikasi karena bentuknya yang mirip dengan Me 109 saat sedang berada di udara... Bila dia mempunyai keuntungan taktis, maka besar kemungkinan dia akan menang dalam setiap pertempuran.."


 Focke-Wulf Fw 190 A-7 "weisse 7" (werknummer 430354) dari I.Gruppe / Jagdgeschwader 1 (JG 1) yang dipiloti oleh Unteroffizier Fritz Rathofer dan dinyatakan hilang pada tanggal 21 Februari 1944, kemungkinan ditembak jatuh oleh Lieutenant John Mattie dari USAAF. Rathofer sendiri berhasil bail-out dan terluka, sementara pesawatnya jatuh di wilayah Steinheim, sekitar 48km selatan Stadthagen. Dia nantinya akan mengklaim sembilan kemenangan sebelum gugur dalam pertempuran udara di Caen (Normandia) tanggal 30 Juni 1944

-------------------------------------------------------

GOTHA GO 244

Gotha Go 244, pesawat glider versi bermesin dari Go 242, digunakan dalam jumlah yang terbatas di Perang Dunia II. Unit yang dilengkapi dengan pesawat jenis ini hanyalah Grup Tempur Khusus (Kampfgruppen zur besonderen Verwendung atau KGr.z.b.V.) 104 dan 106. Dua unit tersebut mengkonversikan Junkers Ju 52 mereka menjadi Go 244 di Hagenow musim panas tahun 1942. Pelatihan pesawat baru ini berlanjut sampai pertengahan Juni 1942. Foto di atas, yang diambil di sana bulan Mei atau Juni, memperlihatkan sebuah Go 244 “NI+FQ” baru dengan lambang unit berukuran besar di bawah kokpit. Lambang ini berbentuk kereta merah bertulisan kuning di dalamnya yang ditarik oleh dua ekor kuda dengan debu tebal di sekelilingnya. Perhatikan juga sebuah gambar mawar putih di hidungnya (aaaw!!!!), sementara strip kuning Front Timur tidak lupa ditambahkan di bagian badannya. Pelatihan berakhir tanggal 22 Juni 1942 dan KGr.z.b.V. 106 kembali lagi ke Rusia. Disana mereka beroperasi dari pangkalannya di Kirovograd, antara Kiev dan Krimea. Gruppe ini mempunyai 37 pesawat pada awal Agustus 1942, tapi kemudian Go 244 mempertunjukkan performa yang mengecewakan sehingga pada tanggal 2 November 1942 unit ini kembali ke Jerman untuk mengganti lagi pesawatnya! Bagian yang menonjol dari pesawat Go 244 ini adalah rodanya yang berjumlah tiga buah mirip bemo serta pegangan mesinnya yang menghadap ke depan sehingga menghilangkan efek melayang saat take-off seperti halnya pesawat glider standar yang tak bermesin 

------------------------------------------------------- 

MESSERSCHMITT BF 109


Messerschmitt Bf 109 F-4 ((+ (werknummer 13376) milik Stab I.Gruppe / Jagdgeschwader 77 (JG 77) yang dpiloti oleh Gruppenkommandeur Hauptmann Heinz Bär di atas udara Krimea (Rusia) bulan Mei 1942. Ekornya menunjukkan jumlah kemenangan 103 buah, yang diraihnya tanggal 19 Mei 1942 dimana Bär menembak jatuh tidak kurang dari lima pesawat Soviet! Di hari yang sama General der Jagdflieger Adolf Galland melakukan inspeksi ke I./JG 77, yang bersamaan waktunya dengan kemenangan ke-2000 yang diraih oleh JG 77. Pencapaian Bär ini membuat namanya disebutkan dalam Wehrmachtbericht untuk kedua kalinya dalam edisi 20 Mei 1942


Messerschmitt Bf 109 F-4 ((+ (werknummer 13376) milik Stab I.Gruppe / Jagdgeschwader 77 (JG 77) yang dpiloti oleh Gruppenkommandeur Hauptmann Heinz Bär di atas udara Comiso (Italia) bulan Agustus 1942. Cat kamuflasenya terdiri dari RLM 74/75/76 sementara di bagian baling-baling adalah RLM 70. Chevron hitam-putih terdapat di bagian mesin. Perhatikan 13 baris putih dengan bintang merah di atasnya di bagian ekor yang merupakan tambahan dari jumlah kemenangan bersimbolkan angka "100"

Sumber :
Buku "Blue Monday: Lt John D Mattie's 21 February 1944" oleh Thierry Kleinprintz, Chris Mattie, Steve Blake dan Erik Mombeeck
Majalah "Luftwaffe im Focus" Spezial No.1 tahun 2003

Tidak ada komentar:

Posting Komentar