Rabu, 08 Oktober 2014

Foto Reuni Tokoh Third Reich

 Empat orang jenderal SS tak lama setelah dibebaskan dari kamp tawanan Soviet, berfoto bareng di Pusat Repatriasi Friedland tahun 1955. Dari kiri ke kanan: SS-Gruppenführer und Generalleutnant der Polizei Johann "Hans" Rattenhuber ( 30 April 1897 – 30 Juni 1957), SS-Brigadeführer und Generalmajor der Waffen-SS Gustav Lombard (10 April 1895 – 18 September 1992), SS-Brigadeführer und Generalmajor der Waffen-SS Wilhelm Mohnke (15 Maret 1911 - 6 Agustus 2001), dan SS-Brigadeführer und Generalmajor der Waffen-SS Dr.iur. Dr.rer.pol. Hermann Haertel (12 Mei 1893 - 21 Januari 1970)


Jamuan makan para veteran Waffen-SS dalam acara pertemuan anggota OdR (Ordensgemeinschaft der Ritterkreuzträger) yang diselenggarakan di Regensburg pada tahun 1958. Dari kiri ke kanan: Heinz Lammerding, Heinz Macher (belakang), Ernst August Krag dan Ernst Barkmann. Dalam Perang Dunia II mereka sama-sama bertugas di Divisi SS "Das Reich" dan juga sama-sama merupakan peraih Ritterkreuz des Eisernen Kreuzes (Ritterkreuzträger). Yang membedakan adalah satuan cabang mereka: Lammerding adalah mantan komandan divisi, Macher dari SS-Panzergrenadier-Regiment 3 "Deutschland", Krag dari SS-Panzeraufklärungs-Abteilung 2 "Das Reich", dan Barkmann berasal dari SS-Panzer-Regiment 2 "Das Reich"


Jamuan makan para veteran Waffen-SS dalam acara pertemuan anggota OdR (Ordensgemeinschaft der Ritterkreuzträger) yang diselenggarakan di Regensburg pada tahun 1958. Duduk di depan dari kiri ke kanan: Heinz lammerding (Das Reichh), Ernst August Krag (Das Reich), Joachim "Jochen" Peiper (Leibstandarte), dan Ernst Barkmann (Das Reich). Dua yang terakhir adalah rekan seperjuangan dari sejak tahun 1945 di Austria ketika Peiper memasukkan unit Barkmann ke dalam Kampfgruppe-nya meskipun dalam waktu yang tidak terlalu lama


 Dietrich Hrabak (kiri) dan Gerhard Barkhorn dalam acara perayaan ulang tahun Hrabak yang diselenggarakan di Münich. Hrabak adalah mantan Geschwaderkommodore Jagdgeschwader 52 sementara Barkhorn adalah mantan Gruppenkommandeur II.Gruppe / Jagdgeschwader 52 yang merupakan bawahan Hrabak. Tidak disebutkan perayaan keberapa ulangtahunnya (Hrabak lahir tanggal 19 Desember 1914) atau kapan foto ini diambil, tapi kemungkinan awal tahun 1980-an


 Pertemuan para veteran Wehrmacht dan Waffen-SS peraih Ritterkreuz (Ritterkreuzträger) pasca Perang Dunia II. Dari kiri ke kanan : Heinrich 'Hein' Springer (Ritterkreuz 12 Januari 1942; pangkat terakhir SS-Sturmbannführer), Ernst Barkmann (Ritterkreuz 27 Agustus 1944; pangkat terakhir SS-Oberscharführer), Heinz Macher (Ritterkreuz 3 April 1943 dan Eichenlaub 19 Agustus 1944; pangkat terakhir SS-Sturmbannführer), Erich Eichler (Ritterkreuz 21 September 1944; pangkat terakhir Major), Theodor Wisch (Ritterkreuz 15 September 1941, Eichenlaub 12 Februari 1944 dan Schwerter 30 Agustus 1944; pangkat terakhir SS-Brigadeführer und Generalmajor der Waffen-SS), Günther-Eberhard Wisliceny (Ritterkreuz 30 Juli 1943, Eichenlaub 26 Desember 1944 dan Schwerter 6 Mei 1945; pangkat terakhir SS-Obersturmbannführer), Albert Stenwedel (Ritterkreuz 3 Mei 1945; pangkat terakhir SS-Sturmbannführer), Willy Hein (Ritterkreuz 4 Mei 1944; pangkat terakhir SS-Hauptsturmführer der Reserve), dan Werner Meyer (Ritterkreuz 4 Mei 1944; pangkat terakhir SS-Hauptsturmführer)


 Foto koleksi Mark C. Yerger ini memperlihatkan empat orang Schwerternträger (peraih Schwerter zum Ritterkreuz des Eisernen Kreuzes mit Eichenlaub) berfoto bersama dalam sebuah acara reuni mantan anggota SS-Regiment "Der Führer" di Lenggries awal tahun 1980-an. Dari kiri ke kanan: Otto Weidinger (mantan perwira dari Divisi SS Das Reich yang mendapatkan Schwerter #150 tanggal 6 Mei 1945. Pangkat terakhir SS-Obersturmbannführer), Heinz Harmel (mantan Komandan Divisi SS Frundsberg yang mendapatkan Schwerter #116 tanggal 15 Desember 1944. Pangkat terakhir SS-Brigadeführer), Otto Kumm (mantan Komandan Divisi SS Prinz Eugen yang mendapatkan Schwerter #138 tanggal 17 Maret 1945. Pangkat terakhir SS-Brigadeführer), dan Otto Baum (mantan Komandan Divisi SS Das Reich yang mendapatkan Schwerter #95 tanggal 2 September 1944. Pangkat terakhir SS-Oberführer). Tiga Otto dan satu Heinz!


 Para veteran Waffen-SS dalam sebuah acara reuni yang diadakan seusai perang. termasuk diantaranya adalah anggota awal Leibstandarte SS Adolf Hitler tahun 1933. Dari kiri ke kanan: Theodor "Teddy" Wisch, Jöhnke (di belakang Wisch), Blöth (di belakang Mohnke), Wilhelm Mohnke, Rudolf Sandig, Helmut Beermann, Bergmann, Johannes "Hans" Wellershaus, Alfred Gilles, Albert Stenwedel, Nebel, Karl Auer, Hans Krüger, Hermann Petersen, Karl Rettlinger, Alfred Bünning, Karl Grewe, Karl Kreutz, Dr. Harald Wagner, Meyer, dan Webers


 Dari kiri ke kanan: Herbert Schmeißer, Sylvester Stadler, Günter Liersch, dan Karl Conrad pada acara reuni SS Nachrichtenkameradschaft bulan Mei 1990. Keempat orang ini pernah bertugas di Fernsprechkompanie / Nachrichtensturmbann / SS-Verfügungstruppe tahun 1936. Schmeißer nantinya menjadi Nachrichtenoffizier di SS-Nachrichten-Abteilung 5 "Wiking"; Stadler menjadi perwira infanteri dan komandan 2. SS-Panzer-Division "Das Reich"; Liersch menjadi TFK (Technischer Führer Kraftfahrzeugwesen) di SS-Panzer-Regiment 3 "Totenkopf"; dan Conrad menjadi TFK di SS-Panzergrenadier-Regiment 4 "Der Führer"


 
Kedua orang ini sama-sama pernah bertugas di SS-Panzer-Regiment "Das Reich" dalam Perang Dunia II dan sama-sama dianugerahi Ritterkreuz des Eisernen Kreuzes sebagai penghargaan atas keberanian mereka di medan tempur. Setelah 60 tahun berlalu dan mereka masih tetap menjadi sahabat dekat! Dari kiri ke kanan: Fritz Langanke (5 Juli 1919 - 20 Juli 2012) dan Ernst Barkmann (25 Agustus 1919 - 27 Juni 2009)



Sumber :
Buku "Der Dienst" karya Reinhard Gehlen 
Buku "Flucht Über die Ostsee 1944-45 im Bild" karya Heinz Schön
Buku "Soldat in stürzenden Reichen" karya Lothar Rendulic
Foto koleksi Bundesarchiv Jerman

Foto koleksi pribadi John P. Moore
Foto koleksi pribadi Mark C. Yerger

Foto koleksi pribadi Markus Lippl
Foto koleksi pribadi Paul E.
www.deutsche-marinesoldaten.de
www.commons.wikimedia.org
www.en.wikipedia.org
www.feldgrau.com

www.feldgrau.net
www.lagoticaritrovata.it
www.lewisheatonbooks.com
www.luftwaffeinprofile.se
www.militaria321.com
www.regencystamps.com
www.ritterkreuztraeger-1939-45.de
www.rommel-lebt.com

www.warrelics.eu
www.wehrmacht-awards.com
www.ww2awards.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar