Selasa, 29 Desember 2009

BMW R12, Sepeda Motor Nazi Jerman Paling Terkenal!

Profil sepeda motor BMW R12 buatan tahun 1938 yang diperuntukkan bagi Angkatan Darat (Heer)





Para tentara Jerman berfoto dengan sepeda motor BMW R12 di tengah reruntuhan. Kaleng penyimpan masker gas tergantung di dada masing-masing. Tampaknya mereka baru saja mengalami hari yang melelahkan!





Masih dari orang-orang yang sama dengan yang di atas. Berfoto sejenak di tengah perjalanan jauh. Jaket hujan mereka telah penuh dengan debu, jangan pula ditanya wajah dan sepeda motor tandem BMW R12 mereka!





Masa kejayaan Nazi Jerman : seorang Feldgendarmerie (Polisi Militer) yang mengendarai BMW R12 mengawasi barisan tawanan Prancis yang tertangkap dalam penyerbuan Jerman ke Negara-Negara Bawah dan Prancis tahun 1940. Sementara itu, prajurit Jerman lain yang sedang beristirahat dengan penuh rasa ingin tahu memperhatikan musuh yang baru saja dikalahkannya





Barisan pengendara BMW R12. Biasanya pasukan bersepeda motor ini adalah pasukan reconnaisance (pengintaian) yang bertugas sebagai tim pelopor dalam iring-iringan. kendaraan sepeda motor yang ringan, kecil dan berkecepatan tinggi memungkinkan mereka untuk secara mobil bolak-balik dari front ke induk pasukan untuk melaporkan situasi sekitar





Dua orang prajurit Wehrmacht bergaya dengan sepeda motor tandem BMW R12 mereka. Tampaknya motor ini masih gres, yang tampak dari ban depan yang masih mulus dan belum gundul!





Ngapain tuh ember ikut-ikutan nongol di belakang? Mau nimba, Kang?





Oleh : Alif Rafik Khan



Perusahaan otomotif BMW pertama kali memperkenalkan sepeda motor seri R12 di tahun 1935, dan merupakan sepeda motor pertama di dunia yang dilengkapi oleh peredam teleskopis hidrolik yang bercabang tiga. Dengan mesin 745-cc dan berat 408 lbs, BMW R12 berkekuatan 20 tenaga kuda di 3400rpm dan dapat mencapai kecepatan maksimal 75 mil/jam.



BMW-R12 adalah jenis BMW yang paling populer dipakai oleh Wehrmacht, walaupun yang R35, R71 dan R75 pun lumayan ngetop dan banyak muncul dalam foto-foto era tersebut.



Tahun produksi: 1935 – 1941

Jumlah produksi keseluruhan: 20.000 buah untuk sipil, dan 10.000 buah untuk kalangan militer. Totalnya adalah 36.008 buah

Mesin: sidevalve 18hp/3400rpm atau 20hp/4000rpm, 2-cyl 4-stroke aircooled, boxer-motor 745cc SV

Bore/Stroke: 78/78 mm

Rasio kompresi: 5,2 : 1

Dimensi (solo): panjang: 2100mm

lebar: 900mm

tinggi: 940mm

tinggi sadel: 70cm

Dimensions (gespann, dengan tandem): panjang: 2520mm

lebar: 1615mm

tinggi: 1000mm

Jarak antar roda (wheelbase): 1380mm

Rear track (gespann, versi tandem): 1070mm

Road clearance (solo): 120mm

Road clearance (tandem): 245mm

Carburetter: Amal 6/406 SP dan 6/407 SP (berdasarkan sumber lain)

Starter: 45/70 Watt

Aki: 6 Volt 7 Ah

Kopling: dry single plate

Gearbox: 4-speed

Rasio: I - 3,18; II - 2,06; III - 1,42, IV - 1,09 Gardan

Rasio transmisi: solo - 4,07 (14 : 57),

gespann - 4,75 (12 : 57),

Heer (militer) - 5,18 (11 : 57)

Pressed steel frame

Telescope front fork

Roda belakang tanpa alat pengatur api

Rem kaki: dihubungkan dengan tuas ke roda belakang

Rem tangan: dihubungkan dengan kabel ke roda depan

Turning radius: 2,25m (kiri), 1,8m (kanan)

Berat (solo): 188 kg

Kecepatan maksimum: 125 km/jam (sipil);

100 km/jam (Wehrmacht solo);

85 km/jam (Wehrmacht gespann)

Roda: 3,50x19 or 4,00x19 inci

Tekanan roda, atm.: depan - 1,4 (dengan tandem - 1,4)

belakang - 1,5 (dengan tandem - 1,9, untuk tiga - 2,3)

Kapasitas tangki bahan bakar: 14 Liter

Konsumsi bahan bakar: 4,4 Liter/100km (sipil)

5,5 Liter/100km (Wehrmacht solo)

6,5 Liter/100km (Wehrmacht gespann).

Oli mesin, gearbox dan gardan – SAE 40 (musim panas), diganti setiap 2000 km, sementara filter olinya harus diganti setiap 12.000 km.

Kemampuan mengarungi air sampai kedalaman 250mm





Sumber :

www.tipete.com

www.autogallery.org.ru





Tidak ada komentar:

Posting Komentar