Sabtu, 10 Oktober 2009

Fakta-Fakta Unik, Lucu Dan Menarik Tentang Nazi Jerman (Bagian 2)

Ketika Jerman menyerbu Norwegia tanggal 9 April 1940, keluarga kerajaan dan anggota pemerintahan Norwegia segera melarikan diri ke Hamar. Pada hari itu juga ternyata tentara Jerman dalam perjalanan ke tempat yang sama. Mereka mengetahui arah perginya keluarga kerajaan dari koran-koran Norwegia yang, tanpa mengetahui akibatnya, telah memberitahukan tempat yang dituju! Karena takut tertangkap, maka orang buruan VIP itu segera merubah tujuan mereka menjadi jauh lebih ke utara ke daerah pedalaman atau malah ke Swedia. Sialnya, dalam keberangkatan tersebut sang perdana menteri Johan Nygaardsvold tertinggal di belakang! Ketika dia keluar gedung, semua mobil telah berangkat. Untungnya, seorang sopir taksi yang kebetulan lewat dan mengenalinya segera membawanya pergi untuk menyusul rombongan. Perdana menteri, yang pastinya marah besar, akhirnya berhasil bertemu juga dengan rombongan utama.


Foto yang sangat terkenal dari pertempuran Stalingrad sekaligus salah satu foto paling mengharukan buat saya : Seorang prajurit Jerman yang tidak diketahui namanya memainkan biola di hadapan teman-temannya dalam malam natal tahun 1942. Saat itu pertempuran dirasa luar biasa berat bagi pasukan Jerman yang terkepung di kota tersebut, dan dapat dipastikan bahwa banyak prajurit lain yang mendengarkan permainan sang violinis akan menitikkan air matanya demi teringat kampung halaman...


Selama berlangsungnya Perang Dunia II, Gubernur Jenderal Jerman di Belgia dijabat oleh General der Infanterie Alexander von Falkenhausen. Dalam Perang Dunia I jabatan yang sama dipegang oleh pamannya, Generaloberst Ludwig von Falkenhausen!


Adolf Hitler hampir saja terbunuh dalam Perang Dunia pertama, kalau saja prajurit Inggris yang mengarahkan senapan kepadanya kemudian merasa kasihan kepada Hitler yang sudah dalam keadaan tidak berdaya dan mengampuninya!


Dalam invasi Jerman ke Yugoslavia, Divisi Panzer ke-24 (yang menjadi ujung tombak serangan di tengah) hanya kehilangan satu orang prajuritnya. Bandingkan situasi tersebut setahun kemudian dan seterusnya ketika para partisan komunis Yugoslavia membuat stress para komandan Jerman karena banyaknya prajurit yang tewas!


Dalam invasi Jerman ke negara Denmark, tercatat 16 orang tentara Denmark yang tewas!


Ketika Norwegia diduduki oleh Jerman, Hitler memerintahkan bahwa semua kapal kargo dan tanker Norwegia diwajibkan untuk menyerahkan diri secara sukarela di pelabuhan-pelabuhan yang dikuasai Nazi. Tak perlu dikatakan lagi bahwa perintah ini tidak dipatuhi oleh armada kapal Norwegia yang saat itu tercatat sebagai armada paling modern di dunia sampai sebelum 1939 (untuk kapal tankernya). Dan memang, kemudian kapal-kapal Norwegia itu lah yang paling besar peranannya dalam transportasi minyak antara Inggris dan Amerika di sisa perang!


Tahukah anda bahwa Nazi Jerman lebih banyak mengekspor peralatan perangnya ke Cina daripada ke negara lainnya!



"Sekarang kita benar-benar merupakan Tentara Panzer ke-6 (6th Panzer Army) karena kita hanya tinggal mempunyai 6 tank yang tersisa." - Sepp Dietrich di Wina (1945)


Unit artileri anti serangan udara Finlandia hampir saja menembak pesawat yang ditumpangi oleh Adolf Hitler dalam kunjungannya ke Lappeenranta (sebuah kota di timur Finlandia) untuk merayakan ulang tahun ke-75 dari pemimpin Finlandia Marsekal Mannerheim yang juga sekutu Hitler. Dalam kunjungan yang sama, pesawat Hitler juga hampir saja menabrak sebuah cerobong asap karena buruknya cuaca dan terbatasnya daya jangkau penglihatan pilot!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar