Minggu, 16 Maret 2014

Album Foto Brandenburger / Sonderverband Brandenburg / Division Brandenburg / Panzergrenadier-Division Brandenburg

Regiment Brandenburg secara resmi didirikan pada tanggal 15 Desember 1939 ketika Baulehr-Bataillon D.K. (Deutsche Kompanie) z.b.V (atau Baulehr-Bataillon z.b.V. 800) dibentuk dengan struktur terdiri dari empat kompi. Hauptmann Theodor von Hippel merupakan komandan pertamanya, dengan staff-nya bermarkas di Brandenburg. Foto di atas memperlihatkan barak pertama dari unit tersebut yang terletak di dekat Brandenburg (dan karenanya nama unit tersebut berasal)

 
Upacara penganugerahan Ritterkreuz des Eisernen Kreuzes untuk Oberleutnant der Reserve Max Wandrey (Chef 11.Kompanie/Jäger-Regiment 1 "Brandenburg" / Division Brandenburg) yang diselenggarakan tanggal 9 Januari 1944. Nantinya Wandrey bakal menerima juga Eichenlaub  #787 tanggal 16 Maret 1945 sebagai Major der Reserve dan komandan II.Bataillon/Jäger-Regiment 1 "Brandenburg". Dari kiri ke kanan: Oberstleutnant Wilhelm Walther, Oberleutnant der Reserve Max Wandrey dan General der Flieger Helmuth Felmy (mengenakan topi khas yang dinamakan sebagai "Hermann Meyer")


-------------------------------------------------------------------------------------

PERAIH RITTERKREUZ

 Leutnant der Reserve Adrian Baron von Foelkersam (20 Desember 1914 - 21 Januari 1945) saat baru saja dianugerahi Ritterkreuz des Eisernen Kreuzes pada tanggal 14 September 1942 sebagai Adjutant Stab I.Bataillon / Lehr-Regiment z.b.V. 800 "Brandenburg". Foelkersam sendiri bergabung kedalam unit Brandenburg yang diisi oleh etnik Volkdeutsche pada bulan Mei 1940 dan berpartisipasi aktif dalam operasi Barbarossa. Orang ini dikenal karena penyamarannya sebagai perwira NKVD bernama Truchin dalam aksinya di kota Maikop dan - hebatnya - komandan Soviet yang mempertahankan kota itu percaya dengannya dan bahkan dia diajak berkeliling kota oleh sang komandan sambil mengamati dengan seksama kekuatan pertahanan kota Maikop! Pada tanggal 8 Agustus 1942, Foelkersam mendapat kabar kalau pasukan Jerman telah berada dalam jarak 12 mil dari kota tersebut. Ia dan anak buahnya yang juga menyamar segera bertindak. Pusat komunikasi dihancurkan dengan granat, untuk mengesankan serangan artileri dari jarak jauh. Kemudian Truchin jadi-jadian alias Foelkersam memberi tahu pasukan Soviet yang berada di kota itu bahwa seluruh kota akan dievakuasi karena akan ada serangan besar-besaran dari tentara Jerman tidak lama lagi. Para tentara Soviet langsung percaya kepada Foelkersam karena mereka pernah melihatnya bersama komandan mereka, dan ditambah lagi dengan putusnya saluran komunikasi sehingga berita ini tidak dapat dikonfirmasi. Tentara Soviet segera ditarik seluruhnya dari Maikop dan pasukan Jerman kemudian memasuki kota itu tanpa ada perlawanan sama sekali! Pada tahun 1944 unitnya dilebur ke dalam Waffen-SS dan Foelkersam ikut boyongan juga. Dia gugur di Polandia awal tahun 1945. Saat itu pangkatnya adalah SS-Sturmbannführer. Teks oleh Naufal Harits (dengan sedikit penambahan)

 Hauptmann Eckart Afheldt (15 Agustus 1921 - 3 Desember 1999) memulai karir militernya sebagai Fahnenjunker di Infanterie-Regiment 21 tanggal 1 September 1939. Dari sana catatan prestasinya diselimuti oleh "kegelapan", dan tak banyak yang bisa diketahui. Di malam tanggal 17 Januari 1945, batalyon Jäger (Pemburu) yang dikomandani Afheldt mendapati tank-tank berat Soviet telah berkumpul di dekat kota Petrikau. Mengetahui dengan pasti kemana tujuan tank-tank tersebut, dia mempersiapkan kekuatan untuk melakukan sergapan dadakan di wilayah Wiersewitz dengan dibantu oleh unit Sturmgeschütz dan Panzerjäger. Sergapan yang dilakukannya berhasil, dan tak lama setelah pertempuran bangkai tank-tank Soviet berserakan di sekitar kota dan hutan di dekatnya! Atas prestasinya tersebut, Afheldt dianugerahi Ritterkreuz des Eisernen Kreuzes tanggal 17 Maret 1945 sebagai Oberleutnant dan Führer II.Bataillon / Jäger-Regiment 2 / Panzergrenadier-Division "Brandenburg" / Panzerkorps Großdeutschland / 4.Panzerarmee / Heeresgruppe Mitte. Medali dan penghargaan lain yang diterimanya: Eisernes Kreuz II.Klasse (19 Mei 1941) dan I.Klasse (16 Oktober 1942); Verwundetenabzeichen in Gold; Infanterie-Sturmabzeichen; serta Medaille Winterschlacht im Osten 1941/42 (Ostmedaille). Afheldt ditangkap oleh Soviet bulan Mei 1945 tapi kemudian dilepaskan hanya beberapa bulan kemudian (Juli 1945). Dia lalu melanjutkan karir militernya di Bundeswehr (2 Januari 1956 - 30 September 1981) dan pensiun dengan pangkat Brigadegeneral


Sumber :
Buku "The Brandenburger Commandos: Germany's Elite Warrior Spies in World War II" karya Franz Kurowski
www.armchairgeneral.com
www.pinterest.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar