Minggu, 13 Juni 2010

Stalag 17 (1953). Mata-Mata Di Dalam Tubuh Kamp Tawanan Jerman!

Cuplikan film Stalag 17


Poster film Stalag 17


Paster lain film Stalag 17. Nggak mirip film perang!


Oleh : Alif Rafik Khan

Film ini disebut-sebut sebagai salah satu film tentang tawanan perang dalam Perang Dunia II yang paling bagus, selain dari The Bridge on the River Kwai dan The Great Escape.

Ceritanya sendiri bersetting hari Natal tahun 1944 di kamp tawanan perang Stalag 17. Bagi para penghuni Barak Obama eh 4 yang kesemuanya berpangkat Sersan, mereka menghadapi masalah serius - bocornya rahasia intern. Pihak Jerman tampaknya selalu mengetahui apa-apa yang mereka kerjakan, terutama mengenai rencana pelarian yang telah disusun secara matang. Usaha kabur yang paling terakhir berakhir pula dengan kegagalan, dan dua orang tawanan yang melakukannya, Manfredi dan Johnson, masuk perangkap dengan sukses dan keluar sudah jadi mayat. Bagi beberapa orang di barak tersebut, terutama si mulut besar Duke, siapa si pengkhianat sudah jelas: J.J. Sefton, seorang penjual kendaraan beroda yang tak akan ragu-ragu berbisnis dengan para penjaga demi keuntungan pribadi, dan yang diperlakukan istimewa oleh para penawannya (tidak seperti tawanan lainnya). Ketika dikonfrontasi, tentu saja Sefton menolak tuduhan tersebut, dan mengatakan bahwa ia tidak ada niat untuk meloloskan diri. Dia berencana untuk menghabiskan perang dengan sedikit kenyamanan yang masih tersisa untuk dirinya, dan hal tersebut bukan berarti dengan menyerahkan informasi-informasi berharga kepada Jerman!

Ketika situasi mulai tidak terkendali dan pertentangan di antara para tawanan semakin memanas, mau tidak mau Sefton harus mencari tahu sendiri siapakah pengkhianat yang sebenarnya. Kalau tidak, ia terancam dipukuli sampai mati oleh Duke dan para Sersan berangasan lainnya!

Data Film:
Judul: Stalag 17 (Seventeen)
Sutradara: Billy Wilder
Produser: Billy Wilder
Pemain: William Holden, Don Taylor dan Otto Preminger
Produksi: Paramount Pictures
Tanggal Rilis: 29 Mei 1953 (Inggris) dan 1 Juli 1953 (Amerika Serikat)
Panjang film: 120 menit
Teks : Inggris
Order : DISINI


Tidak ada komentar:

Posting Komentar